CONTOH JUDUL SKRIPSI PENDIDIKAN MATEMATIKA


Buat temen-temen yang lagi pada pusing mikirin judul skripsi, khususnya judul skripsi jurusan Matematika/Pendidikan Matematika, berikut saya kumpulkan judul-judul skripsi yang mungkin bisa menjadi masukan dalam penelitian yang kalian akan lakukan:

 

  1. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Tematik
  2. Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan, Motivasi Berprestasi, Dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa Dengan Prestasi Belajar Matematika
  3. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
  1. Pengaruh Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum di Bandung     Pendidikan Matematika
  2. Efektivitas model konstruktivis dalam pembelajaran matematika pada siswa SMU     Pendidikan Matematika
  3. PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERSTRUKTUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA SMP     Pendidikan Matematika
  4. PEMODELAN SPACE TIME AUTOREGRESSIVE MOVING AVERAGE (STARMA)     Pendidikan Matematika
  5. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas X di SMA Negeri 6Bandung)     Pendidikan Matematika
  6. MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) (Penelitian Terhadap Siswa MAN 1 Bandung Kelas X Tahun Ajaran 2004-2005)     Pendidikan Matematika
  7. TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP (Suatu Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa SMP Negeri 1 Margahayu Kelas VIII?I Semester 1 Tahun Ajaran 2006/2007 di KabupatenBandung)     Pendidikan Matematika
  8. Suatu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran analogi matematika : studi eksperimen pada Madrasah Aliyah Negeri Kodya Bandar Lampung     Pendidikan Matematika
  9. ALJABAR OPERATOR PADA MEKANIKA KUANTUM DAN APLIKASINYA PADA PARTIKEL DALAM KISI SATU DIMENSI     Matematika
  10. UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas II SMKN 12 Bandung pada Pokok Bahasan Geometri Dimensi Dua)     Pendidikan Matematika
  11. PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12Bandung)     Pendidikan Matematika
  12. PENERAPAN METODE IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas IXH di SMPN 26Bandung)
  1. Penerapan Metode Improve Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP
  2. Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP
  3. Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas II SMKN 12 Bandung pada Pokok Bahasan Geometri Dimensi Dua)
  4. Aljabar Operator Pada Mekanika Kuantum Dan Aplikasinya Pada Partikel Dalam Kisi Satu Dimensi
  5. Suatu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analogi Matematika : Studi Eksperimen Pada Madrasah Aliyah Negeri Kodya Bandar Lampung
  6. Teknik Probing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP
  7. Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)
  8. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
  9. Pemodelan Space Time Autoregressive Moving Average (STARMA)
  10. Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematik Siswa SMP
  11. Efektivitas Model Konstruktivis Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMU
  12. Pengaruh Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum di Bandung
  13. Efektifitas Mind Map terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN 1 Makassar (Fitriani Nur)
  14. Efektifitas Penggunaan Maple terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Falah Lemahabang Kec. Bone-Bone Kab. Luwu Utara (M. Zainal Abidin)
  15. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Tredmen Interaction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Lingkaran pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Pao-Pao (Sitti Samra)
  16. Efektifitas Penerapan Metode Permainan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 38 Bonto Perak Kec. Pangkajene Kab. Pangkep (Rosdiana)
  17. Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMA Negeri 1 Lembang (Musdalipa)
  18. Deskripsi Kesulitan belajar Geometri Transformasi pada Mahasiswa Angkatan 2006 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar (Nazwar)
  19. Pengaruh Math Magic Way terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri IKIP 1 Makassar (Husnul Khatimah)
  20. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Visual dalam Memahami Konsep Bangun Datar pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Sungguminasa
  21. Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Selatan Kec. Tellulimpoe Kab. Sinjai (Makmur)
  22. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Pendekatan Mastery Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Parang Tambung 1 Makassar (Ismail Lassa)
  23. Pengaruh Kemampuan Verbal dan Penyesuaian Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 1 MA Madani Alauddin Pao-Pao Kab. Gowa (Awaluddin)
  24. Perbandingan Penerapan Metode Hangis dengan Metode Perkalian Biasa Pada Tingkat Pengusaan Pengajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 60 Bontoparang Kec. Manggarabombang (Erni Pakkalesy)
  25. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kab. Gowa (Nur Asmi)
  26. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa melalui Pendekatan Metakognitif (Rahmayanti)
  27. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Penerapan Teori Belajar Humanistik Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pekkabata Kabupaten Pinrang (Abdul Hakim Junaid)
  28. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think – Pair – Share terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-C SMPN 3 Lembang Kec. Lembang Kab. Pinrang (Surianti)
  29. Penerapan Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Nuhiyah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar (Hamra)
  30. Efektivitas Metode Drill terhadap Keterampilan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto (Mardiana)
  31. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Pokok Bahasan Bilangan Bulat Siswa Kelas VII MTs. DDI – Ambo Dalle Galesong Baru Kota Makassar (Jumarni Hj.)
  32. Efektivitas Metode Kumon terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Banggae Kabupaten Majene (Nurfaizah)
  33. Pengaruh Pendekatan Edukatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SLTPN 1 Kec. Sanggar Kab. Bima (Arif Budiman)
  34. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matriks pada Siswa Kelas XII SMA PGRI Galesong Kabupaten Takalar (Hasma)
  35. Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN. Model Makassar melalui Advance Organizer dalam Model Pembelajaran Langsung (Adnan)
  36. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa (Satriani)
  37. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Matematika Terpadu pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang (Salpia)
  38. Pengaruh Pendekatan Somatis Auditori Visual dan Intelektual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao (Jumarni B.)
  39. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Elaborasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kab. Gowa (Indar Jaya)
  40. Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika melalui Intensifikasi Pembelajaran Remedial pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMUN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep (Daniati)
  41. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas XII MA Muallimin Makassar (Mahmudin)
  42. Efektivitas Penggunaan Model Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XC MAN 1 Makassar (Hilfa A. Manggala)
  43. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Belajar Bermakna pada Siswa Kelas VII MTsN Ma’rang Kab. Pangkep (Nurwahida Hamid)
  44. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XA MAN 1 Makassar melalui Active Learning (Achmidsyah Yusuf)
  45. Nah, yang ini tambahan. Saya melihat banyak yang nge-klik link pada halaman ini. Berikut ini judul skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN, pada angkatan selain angkatan 2004. Kebanyakan dari Senior, meski gak lengkap.
  46. Hubungan Pemahaman Siswa Kelas IX terhadap Segitiga Kongruen dengan Kemampuan Menghitung Rentang Ruas Garis dan Besar Sudut pada SMP Negeri 25 Makassar (Eka Tri Rahmansyah)
  47. Diagnosis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Pokok Bahasan Transportasi pada Siswa Kelas IX MTs. Madani Alauddin Pao-Pao (Rukia)
  48. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Assorted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X SMU Negeri 1 Bontomarannu Kab. Gowa (M. Yunus Basyir)
  49. Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTs. Negeri Sape Kab. Bima (Sri Mulyati)
  50. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 26 Makassar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Berpikir Berpasangan (Fathur Rahmansyah)
  51. Deskripsi Daya Serap Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bulukumba (Ahmad Supriyadi)
  52. Efektivitas Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA MAN 2 Pare-Pare (Muhammad Sukri Rugun)
  53. Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Benda Konkret dan Gambar dalam Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Kabupaten Sinjai (Amriani Muin)
  54. Kesulitan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Diagram Alir Siswa Kelas IX SMP Negeri Bontolempengan Kab. Gowa (Ahmad)
  55. Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Muallimin Muhammadiyah Makassar (Fadli Ramadhan)
  56. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Terbalik Pokok Bahasan Teorema Phytagoras pada Siswa MTs. Muhammadiyah Malino Kab. Gowa (Sabri Marasabessy)
  57. Efektivitas Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XII IPA MAN 2 Pare-Pare (Muh. Sukri Rugun)
  58. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas I SMP Tamalatea Makassar (Risnawati)
  59. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Mengajar Kinesketik Pokok Bahasan Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs. Muallimin Muhammadiyah Makassar (Wahyuni)

Saran saya (berdasarkan pengalaman): Modal utama dari penentuan judul adalah MASALAH.  Jadi sebenernya kita ga perlu repot-repot cari judul, klo udah punya masalah yang bakal kita teliti. Judul memuat variabel bebas dan variabel terikat. Yang paling gampang klo buat penelitian pendidikan matematika, mungkin berkaitan dengan metode pembelajaran. Karena cakupannya luas sekali dan tentu aja bisa bebas kita pilih metode mana yang sesuai dengan permasalahan kita dan memang bisa kita terapkan dalam pembelajaran. Variabel terikat juga bisa bermacam-macam, contohnya bisa kita ambil dari prestasi/hasil belajar, taksonomi bloom (pemahaman, penalaran, aplikasi, dsb),  tingkat kemampuan berpikir (kritis, analitis, kreatif, dsb). Variabel terikat inilah masalah yang akan kita teliti. Sebaiknya jangan cari judul dulu sebelum menemukan masalah, ntar pusing sendiri dan sulit mencari sumber. Jadi mantapkan dulu Latar Belakang Masalah-mu baru bisa dapat judul yang baik. Semoga bermanfaat.