Mangekyou Sharingan Kakashi dan Itachi


Kalo disuruh milih antara Kakashi Hatake dan Itachi Uchiha? Whaa~ ga bisa milih tuh, saya ingin kedua-duanya, gkgkgkgk~ Habisnya sama-sama keren, jenius berbakat, shinobi hebat asal Konoha. Nah, sekarang saya pengen bahas soal Mangekyou Sharingan yang sama-sama dimiliki dua orang ini. Biar sama tapi ternyata memiliki perbedaan.

MS versi Itachi merupakan genjutsu tingkat tinggi dimana kesadaran lawan dibawa kedalam virtual ciptaan pemakainya. Itachi dapat membuat lawannya masuk ke dunia lain dengan Sharingan. Ia akan menyiksa lawan itu secara psikologis dalam waktu yang ia inginkan. Jika ia ingin lawannya ditusuk-tusuk pedang selama 72 jam, maka itu yang akan dirasakan lawannya, meskipun waktu hanya berjalan sesaat di dunia sebenarnya. Ketika sadar, lawan akan merasakan sakit yang sama, yang baru saja ia derita secara mental, walaupun tidak menderita luka fisik.

Inget pas Kakashi pertama kali kena jurus ini? Dia merasa berada di dunia lain dimana dirinya tak berdaya saat badannya ditusuk-tusuk pedang.

Kalau MS versi Kakashi benar-benar memindah lawan ke dimensi lain entah dimana. Seperti waktu melawan Deidara dan Pain.

Penggunaan MS baik versi Itachi atau Kakashi, keduanya sama-sama boros chakra, makanya tidak sering dipakai, hanya untuk keadaan darurat saat menghadapi lawan yang kuat. Mangekyou Sharingan hanya bisa dikalahkan dengan Mangekyou Sharingan juga. Tapi sebagai pencegahan, supaya tidak terkena genjutsu, lawan bisa saja tak melihat langsung mata si pengguna MS, seperti yang dilakukan Guy saat melawan Itachi. Itupun tak benar-benar bertarung, karena langsung dihentikan Kisame yang khawatir kesehatan Itachi semakin memburuk setelah memakai MS untuk Kakashi. (Adeuuuh… so sweet Kisame >,<)

MS versi Kakashi pemakaian chakranya lebih boros lagi, Kakashi hanya dapat mengeluarkan jurus ini dua atau tiga kali sebelum rubuh karena kehabisan chakra. Alasannya adalah:

Yang pertama, kakashi bukan dari klan Uchiha. Ini jelas merupakan perbedaan yang paling mendasar. Selain itu kita lihat sendiri, setelah menggunakan Mangekyou Sharingan, Kakashi sampai terbaring di rumah sakit selama beberapa hari (waduh…)
Sebenernya sampai sekarang saya juga masih bingung, darimana Kakashi mendapatkan Mangekyou, karena sebelum-sebelumnya tak ada tanda-tanda Kakashi punya Mangekyou. Terlebih lagi Itachi mengatakan bahwa untuk mendapatkan kekuatan mata ini, harus mengalahkan (membunuh) teman terdekat. Mungkin maksudnya sesama klan Uchiha bertarung trus yang kalah matanya diambil dan ditransplantasikan.

Nah, karena Kakashi bukan dari klan Uchiha, dia tak bisa menggunakan Sharingan terlalu banyak (boros chakra itu tadi yang langsung bikin dia cepat lelah trus ambruk). Mangekyou Sharingan Kakashi (kelihatannya) bukan MS sejati, yang diciptakan oleh Madara Uchiha, di masa-masa awal Konoha. Dan jelas (belum) bisa ditandingkan dengan MS Madara yang sampai bisa mengendalikan Kyuubi. So, dengan kata lain, MS ini original Kakashi, dan bukan MS klan Uchiha (terlihat dari bentuk pupilnya yang berbeda dengan MS Itachi). Kakashi juga belum bisa mengendalikan jurus ini dengan sempurna (terlihat dari pertarungan kalau dia belum bisa mengatur “pintu” dimensi dengan baik). Ini semakin memperkuat teori bahwa MS ini bukan MS sejati yang sangat mengerikan itu.

Tapi, kelebihan jurus ini, dikombinasikan dengan kemampuan Kakashi yang merupakan petarung jarak menengah, memberikan kontribusi yang SANGAT besar. Resiko jurus ini buat Kakashi jelas kecil (kalau dibandingkan MS Itachi), paling hanya kelelahan atau tidak bisa bergerak. Sedangkan MS Itachi, harus dibayar dengan kegelapan seumur hidup…..

Sedangkan nih ya… kalau Mangekyou Sharingan Itachi:
1. MS ini (kelihatannya) merupakan MS sejati turun-temurun klan Uchiha yang diciptakan oleh Madara. Ini jelas
memberikan kekuatan yang luar biasa pada Itachi.
2. MS Itachi lengkap dengan Tsukuyomi, Amaterasu,dan Susanoo. Tsukuyomi sebagai genjutsu terkuat yang ada. Amaterasu ninjutsu terkuat yang ada. Sedangkan Susanoo adalah summon terkuat sekaligus serangan fisik dengan pedang Totsuka dan pelindung terkuat (perisai itu…cermin yata kalau tak salah).
So… digabungkan dengan kemampuan Itachi yang dasarnya memang jenius…. Benar-benar kekuatan yang sangat mengerikan.
3. Jelasnya, sebagai Uchiha sejati… Itachi bisa mengakses semua kekuatan Sharingan tanpa batasan apapun.
4. Tapi resikonya juga mengerikan… seperti kata Kakashi, semakin hebat jurusnya semakin besar resiko yang harus ditanggungnya. Bayaran dari memiliki kekuatan mengerikan itu adalah kegelapan. Dunia bercahaya milik kita direnggut sebagai gantinya. Dan satu- satunya cara untuk mendapat cahaya kembali adalah dengan menjadi iblis yang bisa
membunuh dan merampas mata saudara sendiri… walau pada sesungguhnya Itachi tak sekejam itu….

 

Source:
The Anime World [Group on Facebook]
Majalah ANIMONSTER 66

Share by Me!! [FuRaHa]